Selasa, 22 November 2011

7 PENEMUAN YANG MENGUBAH WAJAH DUNIA

            Sudah menjadi sifat pasti dan mutlak manusia yang selalu ingin tahu dan terus berusaha merubah keadaan hidupnya. Dari alasan-alasan itulah muncul berbagai macam penemuan yang mengubah keadaan dunia.
            Berikut, RESTRICTED.31 telah merangkumnya dalam 7 penemuan yang mengubah wajah dunia berikut ini.

7. Penemuan Angka 0
Diawali dengan penemuan angka 0 oleh seorang ilmuan muslim bernama Al-Khawarizmi, angka 0 sendiri menyebar dan masuk ke dunia barat sekitar 250 setelah ditemukan oleh Al-Khawarizmi. Sebelum ditemukannya angka 0, para ilmuwan memakai suatu daftar yang disebut Abacus agar setiap angka tidak saling bertukar. Pentingnya angka ini sangat kita rasakan dalam kehidupan kita. Jikalau tidak ada angka 0, mungkin saja pesawat, mesin jet, TV dan penemuan-penemuan lainnya tidak akan pernah ada.
Al-Khawarizmi, sang penemu angka 0










6. Penemuan "Aljabar"
Satu lagi penemuan Al-Khawarismi yang mengubah segala aspek kehidupan saat ini yaitu Aljabar, merupakan salah satu cabang ilmu hitung yang berpengaruh dalam sosial dan ekonomi keseharian masyarakat dunia, sebenarnya hakikat Aljabar telah ada sejak lama tetapi Al-Khawarismi yang merincikan, mengembangkan dan membukukan ilmu hitung ini dalam bukunya Al-Jabr  wal Muqabala yang telah disadur keberbagai bahasa.
Lembaran kitab Al-Jabr wal Muqabala



















5. Optika Modern
Al-Haitham, seorang fisikawan muslim pada abad 10 M, menemukan prinsip optika modern yang dituangkan dalam berbagai bukunya seperti Al-Manazir, Mizan Al-Hikmah dan masih banyak lagi. Salah satu penemuan pentingnya yang mematahkan pendapat pakar-pakar fisika Yunani kuno bahwa cahaya merupakan pantulan benda yang masuk ke mata, bukan sesuatu yang tercipta sendirinya di mata, pernyataan ini sendiri merupakan prinsip awal diciptakannya kamera obscura, prototipe kamera modern.
Kamera obscura












4. Penemuan Mesiu
Mesiu atau Black Powder adalah bubuk yang diyakini ditemukan oleh bangsa China sekitar abad ke-9 sebagai bahan pembuat kembang api, senjata, meriam dan roket primitif, kerahasiaan bahan pembuat mesiu ini diketahui pertama kali oleh penguasa muslim dan romawi hingga menyebar ke seluruh dunia. Hal ini yang mendorong orang-orang Eropa menciptakan inovasi-inovasi persenjataan untuk menjajah negeri-negeri timur.
Roket primitif bangsa China











3. Komputer
Berawal dari penemuan Charles Babbage dari Inggris, sebuah mesin yang ia sebut sebagai "Mesin Analistik", mesin tersebut mampu melakukan operasi hitung layaknya kalkulator modern, hingga dikembangkan oleh Howard H. Aiken bersama IBM yang menghasilkan Mark I, sebuah komputer generasi awal yang diperuntukkan untuk segala keperluan. Berbagai riset pengembangan telah dilakukan hingga menghasilkan komputer yang kita lihat saat ini.
Mark I yang berukuran jutaan kali lebih besar dari PC saat ini









2.Internet
Pada awalnya, internet merupakan proyek pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), Amerika sendiri mendemonstrasikan project komunikasi tidak terhingga. Proyek Amerika ini merupakan cikal bakal jaringan internet saat ini. Sebegitu pentingnya jaringan ini dalam kehidupan kita, meskipun beberapa pihak menganggap jaringan ini membawa pengaruh buruk. Tidak terasa kita menggunakannya setiap waktu, jika internet tidak ada, pastilah RESTRICTED.31 tidak akan pernah ada
Proyek ARPANET














1. Listrik
Diurutan pertama yaitu listrik yang merupakan penemuan terbesar dalam sejarah dunia, bayangkan saja, tidak ada satupun orang yang tidak bergantungb pada listrik. Hakikat listrik telah dipelajari oleh orang-orang Yunani kuno, tetapi mulai diteliti oleh M. Faraday hingga berkembang sampai sekarang.
Michael Faraday

2 komentar:

bloglabnanik mengatakan...

bagus, teruskan... coba isi label knowledgenya....

Sevina Rahmi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews