Senin, 28 November 2011

7 TANK TERTANGGUH DI MEDAN PERANG

            Sejak dahulu, manusia telah memikirkan cara agar bisa menerobos garis pertahanan musuh dengan selamat dari hujanan senjata musuh, dimulai dari sketsa Leonardo da Vinci tentang kendaraan perang berbentuk kura-kura dengan senjata artilery.
            Barulah pada Perang Dunia I (1914-1918) diciptakan sebuah kendaraan baja bergerak yang cukup kuat dan lebar untuk melewati parit musuh dan tahan tembakan musuh, orang-orang menyebut benda tersebut tank. Sejak itu, tank menjadi andalan setiap peperangan besar yang terjadi dan teknologinya terus dikembangkan hingga sekarang. Berikut adalah tank-tank tertangguh di berbagai medan perang versi RESTRICTED.31.

7. Challenger 2 MBT (United Kingdom)
Tahun produksi :  1982
Kecepatan : Up to 37 mph
Identifikasi : Tercatat bahwa sebuah MBT Challenger 2 dapat bertahan dari 14 kali tembakan granade launcher musuh dan peluru kendali anti-tank "Milan". Tank Challangere 2 merupakan tank dengan nilai armor tank kelas dunia dan memiliki primary armament 120mm yang menakutkan. Selain itu, tank ini memiliki reputasi sebagai tank dengan catatan terkalahkan yang nihil dalam perang teluk.
MBT Challanger 2 menembus padang rumput berlumpur













6. Abrams M1A2 MBT (USA)
Tahun produksi :  1999
Kecepatan : Up to 33 mph
Identifikasi : Mungkin bisa dikatakan bahwa tank M1A2 Abrams adalah tank yang paling sempurna dalam perang. Bayangkan saja, dengan primary armament 120mm dan main secondary armament sebuah senjata mesin Cal. 50mm menjadikan tank ini sebagai kendaraan paling menakjubkan sekaligus menakutkan di medan perang teluk dan Irak, ditambah lagi dengan perlengkapan portable TUSK (Tank Urban Survival Kit) sehingga mendapat skor tinggi dalam hal pertempuran dan penghancuran mental lawan.
Korps marinir AS berpatroli dengan tank M1A2 Abrams













5. T-80U MBT (Soviet Union)
Tahun produksi :  1967
Kecepatan :  Up to 30 mph
Identifikasi : Merupakan MBT andalan Rusia yang terus dikembangkan, varian T-80U adalah tank yang paling dipercaya negara Rusia dalam berbagai peperangan. Seperti layaknya Rusia, tank ini juga menjadi MBT kepercayaan negara-negara yang dilanda perang. Ketangguhan tank ini telah terbukti hingga saat ini masih ada sekitar 4.500 MBT T-80U yang beroperasi.
MBT T-80U menembus hutan-hutan di wilayah Rusia












4. Centurion Mk. II MBT (United Kingdom)
Tahun produksi : 1943
Kecepatan : Up to 22 mph
Identifikasi : Beralih ke jenis tank lawas, salah satu varian yang tangguh dan terkenal pada tahun-tahun terakhir masa perang dunia II (2nd  world war), yaitu MBT Centurion Mk. II. Tank negeri Britania Raya ini sendiri memiliki tinggkat produksi yang baik dan murah dibanding tank-tank Jerman masa itu. Uniknya lagi, karena ketangguhannya terbukti dapat bersaing dengan tank-tank legendaris Jerman seperti varian Pzkmfw Tiger, tank ini menjadi satu-satunya tank lawas perang dunia II yang masih dipakai hingga sekarang.
Satuan lapis baja MBT Centurion Mk. II pada perang dunia II














3. KV-1 MBT Heavy Tank (Soviet Union)


2. Panzerkampfwagen VI Tiger MBT Heavy Tank (German)
Tahun Produksi :  1942
Kecepatan : Up to 24 mph
Identifikasi : Merupakan tank yang paling ditakuti dalam perang dunia II karena tank ini bisa dikatakan memiliki "ilmu kebal" dan satu-satunya kelemahan tank ini hanya pada bagian belakang yang memiliki armor tipis. Ketangguhan tank ini dibuktikan oleh rancangan yang dikhususkan untuk menembus padang lumpur serta daerah berair dengan kedalaman max. 2-4m. Tank ini merupakan satu-satunya tank yang dapat menghancurkan tank sekutu pada jarak sekitar 2000m dengan sudut meriam 30˚. Tank ini menggunakan meriam tipe 88 KwK 36 L/56 yang biasa dipakai pada meriam "88" Flak gunner anti serangan udara. Sayangnya, karena biaya produksi yang mahal, dalam kurun waktu 4-5 tahun perang dunia II, jenis tank ini hanya diproduksi sekitar 1.355 unit. Tank dengan nama resmi Pzkmfw VI Ausf. E ini pernah tercatat menghancurkan tank sekutu sebanyak 138 unit saat sedang berjalan dalam satu kali peperangan.
Pzkmfw VI Ausf. E di Sisilia tahun 1943














1. Mark I Tank (United Kingdom)
Tahun Produksi : 1915
Kecepatan : Max 4 mph
Identifikasi : Merupakan tank primitif masa perang dunia I (1st  world war) dan masih dipakai hingga peperangan awal perang dunia II, tank ini merupakan solusi masalah ketidak-efektifan taktik perang parit. Menurut para ahli sejarah dan peperangan, tank ini sangat berjasa dalam mempersingkat perang dunia I dan meminimalkan jumlah korban perang.
Sebuah tank Mark I difoto dekat Thiepval pada 26

2 komentar:

Muhammad Wildan mengatakan...

kok cuma smpe 3

Sevina Rahmi mengatakan...

emang penggila perang..ckckck~

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews